Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Komunikasi Bisnis

 A. PENGERTIAN

    Komunikasi bisnis bersal dari bahasa latin "komunis/komunicare" atau di artikan suatu proses yang dilakukan oleh seorang/beberapa orang untuk menciptakan dan menggunakan informasi. Sedangkan bisnis merupakan kegiatan usaha dimana individu/suatu organisasi/perusaan menyediakan jasa yang ditunjukan untuk memperoleh label.

Komunikasi

    Maka dapat disimpulkan komunikasi bisnis merupakan suatu proses pengiriman informasi atau bisnis yang melibatkan pihak pihak yang terlibat dan kegiatan bisnis tersebut.

 

B. UNSUR-UNSUR

  • Tujuan
  • Pertukaran
  • Berisi informasi
  • Manfaat saluran personal impersonal
  • Memakai simbol sinyal
  • Pencapaian target

 

C. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI

  • Ikatan dengan kelompok/grup
  • Harapan
  • Pemdidikan
  • Situasi
  • Latar belakang kebudayaan


D. ETIKA BERKOMUNIKASI DALAM 2 BISNIS

  • Menggunakan cara informasi yang paling tepat
  • Menggunakan alat komunikasi yang sederhana
  • Kesamaan pengertian 
  • Bermanfaat dan menguntungkan


E. TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS

  • Memberi informasi
  • Melakukan persuasi
  • Melakukan kolaborasi


F. JENIS- JENIS KOMUNIKASI

  • Komunikasi Verbal => Perpindahan kata, kecepatan, intonasi, suara, humor, singkat dan jelas.
  • Komunikasi Non Verbal => Penyampian pesan tanpa kata-kata tapi menggunakan anggota tubuh atau simbol. Contohnya ekspresi wajah, kontak mata, sentuhan, postur tubuh dan lain-lain.


G, FAKTOR PENENTU EFEKTIVITAS KOMUNIKASI BISNIS

  • Persepsi
  • Ketepatan
  • Kredibilitas ( Kepercayaan )
  • Pengendalian
  • Kecocokan

 

 



Komentar

Postingan Populer