Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen

1. Pengertian

          Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan.

2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen

  • Bagi Manager

          Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.

          Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak.


  • Bagi Produsen

          Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.

          Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan keadaan pasar dan konsumen.


  • Bagi Werokrat

          Adalah orang yang bekerja diinstansi pemerintah. Tugasnya, werokrat harus mempelajari perilaku konsumen, dalam hal ini maryarakat untuk memudahkan memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan mereka.

          Contohnya masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi rendah akan menghadapi kesulitan dalam melakukan pembayaran dalam pengobatan dirumah lakit. Cara yang dapat dilakukan pemerintah misalnya mengadakan pengobatan gratis 


  • Bagi Konsultan

          Konsultan merupakan salah satu profesi yang menyediakan kebutahan berupa jasa (nasihat & solusi) berdasarkan bidangnya masing-masing dengan mempelajari perilaku konsumen, konsultan dapat memahami kebutuhan konsumen yang sehingga mampu menjelaskan kepada perusahaan tentang produk seperti apa yang harus dilakukan hasilkan dan dipasarkan.


  • Bagi Peneliti

Peneliti adalah salah satu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan memahami tentang suatu fenomena atau gejala. Penelitian dilakukan sebagai upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai karakteristik konsumen, sehingga pemasar akan lebih mengenal siapa konsumennya dan bagaimana perilaku mereka dalam mencari, menggunakan dan membuang produk.

Komentar

Postingan Populer