Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Fungsi-fungsi Marketing

 Hai hai hai...

        Guys seperti yang kita tau, apapun hal hal di dunia ini pasti memiliki fungsi masing masing, nah sekarang mari kita belajar bersama membahas tentang fungsi fungsi dari marketing 😆


depositphotos.com


1. Fungsi Pertukaran

        Fungsi pertukaran merupakan sebuah aktivitas saling tukar menukar barang dengan uang atau produk lain nya, hingga hasil dari pertukaran tersebut bisa dikembangkan lagi atau di jadikan sebagai aset perusahaan.


2. Fungsi Distribusi Fisik

www.maxmanroe.com

        Fungsi distribusi fisik merupakan suatu metode yang akan di lakukan sebuah perusahaan untuk menyalurkan hasil produksinya kepada kinsumen akhir dengan cara yang tepat, serta mengedepankan dan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat di butuhkan.


3. Fungsi Perantara

        Fungsi perantara merupakan aktivitas penghubung antara penyedia barang atau jasa dengan konsumen. Jika melakukan perantara, kita akan mendapat tawaran untuk ditambahkan nya nilai yang tidak akan di dapatkan jika berhubungan langsung dengan penyedia. Contoh nya asuransi, jasa kuangan dan perumahan.

Ada beberapa macam perantara, yaitu :

  • Pedagang besar/ Distributor/ Agen tunggal
  • Pedagang menengah/ Agen/ Grosir
  • Pedagang eceran / Peritel
  • Inportir/ Pengimpor
  • Eksportir/ Pengekspor


4. Fungsi Berdasarkan Manajemen Pemasaran


  • Marketing Sales

stiebp.ac.id

        Suatu pekerjaan untuk menjual suatu produk atau mempromosikan produk dengan deskriptif kepada konsumen. Biasanya seorang Marketing Sales membutuh kan skill public speaking yang baik untuk bisa mendapat ketertarikan konsumen.


  • Marketing Promosi
Faccurate.id

        Suatu kegiatan memberitahukan atau menawarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen untuk menarik daya tarik, dengan adanya hal ini di harapkan produsen/ distributor dapat meraih keuntungan dan kenaikan laba.


  • Marketing Riset & Pengembangan

projasaweb.com

        Suatu aktivitas yang di lakukan oleh perusahaan ketika berinovasi membuat produk atau layanan baru. Yaitu dengan melakukan pemeriksaan, pencermatan, penyelidikan dan percobaan terhadap sesuatu untuk mendapat hasil dan tujuan tertentu.


  • Marketing Communication

konsultanpelatihan.com

        Suatu sarana ubtuk oerusahaan yang berusaha menginformasikan, membujuk dan memberitahu/mengingatkan konsumen terhadap produk yang di jual. Contoh nya:
- Iklan
- Branding
- Presentasi Sales



Komentar

Postingan Populer