Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Macam-macam Strategi Marketing

         Strategi marketing merupakan suatu usaha yang di gunakan oleh perusahaan untuk mengalahkan pesaing dengan cara saling menguntungkan. Ada 8 strategi di dalam marketing di antaranya :

1. Paid Advertising

www.byteorigin.com
         
        Paid advertising merupakan metode kerja sama periklanan di internet untuk menemukan target pasar secara spesikifik. Metode ini lebih banyak opsi untuk meraih engagement. Sayang nya metode ini tidak permanen dan dapat di anggap spam jika terlalu sering.

2. Cause Related Marketing
ilmu.lpkn.id

        Merupakan salah satu bentuk aktivitas public relations yang dilakukan yang dilakukan perusahaan yang memiliki tujuan non ekonomis dan berhubungan dengan kesejahteraan sosial dan menggunakan sumber daya perusahaan atau partner perusahaan.

3. Relationship Marketing
Relationship Marketing | hestanto personal website 
        Merupakan suatu hubungan antara penjual dan customer dimana hubungan tersebut menciptakan komunikasi 2 arah yang menguntungkan. Tujuan nya untuk membangun ketahanan dan loyalitas pelanggan. Maksudnya perusahaan mampu menangani tuntutan keingingan konsumen dengan baik, sehingga perusahaan memungkinkan ketersediaan produk sesuai keinginan customer.

4. Undercover Marketing
Undercover Marketing - Definition, Types, Examples, Pros & Cons
www.marketingtutor.net
 
 
        Merupakan suatu usaha pendekatan kepada customer untuk menarik minat pelanggan tanpa harus membuat customer merasa dirinya menjadi sasaran. Contoh nya :
  • Celebrity Marketing (Memasarkan produk dari mulut ke mulut)
  • Validasi Sosial ( Ulasan ulasan positif yang diberi customer di suatu situs web)
  • Brand Pusher ( Jasa Pemasaran)
  • Content Vidio
  • Halaman Web
  • Viral Marketing 
 5. Word Of Mouth
Word of Mouth (WoM) – Global Business Marketing
sbm.binus.ac.id
 
        Merupakan penyaluran informasi dari orang ke orang lain melalui komunikasi lisan. Atau juga kegiatan bercerita antara dua atau lebih orang adalah bentuk paling umum komunikasi dari mulut ke mulut

6. Transacsional Marketing
Transactional marketing Vektor Stok, Ilustrasi Transactional marketing  Bebas Royalti | Depositphotos
depositphotos.com
 
        Suatu strategi pemasaran tradisional yang berfokus pada transaksi penjualan dengan pelanggan,contoh nya memberi promosi weekend.

7. Internet Marketing
 Internet Marketing|S1 Teknik Informatika S.Kom
        Segala upaya yang dilakukan produsen untuk melakukan pemasaran melalui internet dengan tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan, juga mempengaruhi konsumen untuk membeli baik itu barang ataupun jasa. Contohnya platform internet marketing yaitu website, email, blog dan SEO

8. Diversity Marketing
How to implement Diversity Marketing in your business strategy
        Merupakan strategi pemasaran yang melihat Bagaimana cara untuk terhubung dengan individu yang berbeda di pasar. Contoh nya coca-cola, mereka berhasil mempromosikan produk dengan target di bidang berbeda.

Komentar

Postingan Populer