Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Market Place

Apa itu Marketplace, Marketplace Murni, dan Marketplace Konsinyasi -  InfoBrand.id
infobrand.id

         Market place merupakan sebuah website atau aplikasi tempat dimana penjual dan pembeli dipertemukan secara online, pembeli juga bisa melihat produk apa saja yang dijual lalu perusahaan market place akan mendapatkan keuntungan melalui komisi dari setiap penjualan. Perlu diingat bahwa market place berbeda dengan toko online. Toko online lebih merujuk kepada toko tunggal yang menjual produknya sendiri secara online bukan berkumpulnya penjual dalam suatu platform.

10+ Contoh Aplikasi E-commerce dan Website di Indonesia - GITS.ID
gramedia.com

        By the way, market place dan e-commerce itu berbeda, e-commerce lebih merujuk kepada penyebaran, pembelian dan pemasaran yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV dan jaringan teknologi lainnya. Maka bisa dikatakan bahwa market place merupakan salah satu bagian dari e-commerce.

Jenis market place

  • Market place murni : Sebuah situs market place yang hanya menyediakan lapak untuk berjualan beserta fasilitas pembayaran,  disini penjual lebih bebas mengatur lapak jualannya dan pembeli juga dapat memberikan penawaran harga pada beberapa penjual sesuai kesepakatan kedua pihak. Contohnya seperti Lazada dan Bukalapak yang penjual nya bisa saja menurunkan harga sesuai dengan permintaan pembeli.
  • Market place konsinyasi :  Sebuah situs yang hanya menyediakan produk dan detail informasi ke pihak market place, pihak situs market place akan mengurus penjualam dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pemabayaran. Bahkan alur transaksinya pun ditangani langsung oleh situs market place.


 


Komentar

Postingan Populer