Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Segmentasi Pasar

        Segmentasi pasar merupakan aspek penting dalam bisnis untuk mengenali target konsumen seperti dari jenis kelamin, gayahidup, tempat strategis dan lain-lain.

Perbedaan Segmentasi Demografis dan Segmentasi Psikografis | by Hafiz  Ma'ruf | Medium
miro.medium.com

 

1. Segmentasi Perilaku

9 Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk (2022) - Blog Komerce
komerce.id


        Segmentasi perilaku merupakan segmentasi yang menargetkan sasaran nya kepada tingkah lakunya, seperti dari sikap, pengetahuan dan loyalitas. Biasanya, jenis segmentasi ini lebih terikat dengan proses pengambilan keputusan atau decision making konsumen. Contohnya :

  • Ketika memilih handphone dari brand Apple dan Samsung
  • Ketika memilih shampoo dari brand Head & Shoulders 

2. Segmentrasi Demografis

Apa Itu Segmentasi Demografis?
berduflare.com


        Segementasi demografis merupakan segmentasi yang menargetkan sasaran berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, domisili, atau tingkat pendapatan. Contohnya :

  • Segmentasi pasar produk makanan
  • Segmentasi pasar produk minuman
  • Segmentasi pasar produk pakaian
  • Segmentasi pasar produk kosmetik
  • Segmentasi pasar produk otomotif

  3. Segmentasi Psikografis

Memahami Segmentasi Psikografi
kawanpendi.files.wordpress.com

        Segmentasi ini merupakan segmentasi yang cukup rumit karena harus  memahami selera target konsumen secara mendalam. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan survei seperti pembagian kuesioner agar dapat mengetahui preferensi sebenarnya dari konsumen terkait, seperti gaya hidup, hobi, ketertarikan, dan semacamnya. Contoh nya pada produk rokok Marlboro.

4. Segmentasi Geografis

Cara Menentukan Segmentasi Geografis Bisnis Anda
www.hestanto.web.id


        Segmentasi geografis merupakan segmentasi yang menargetkan sasaran kepada lokasi tempat tinggal, selain itu segmentasi ini juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan kegunaan suatu produk atau jasa karena akan berbeda-beda tergantung pada cuaca, keadaan tanah, dan lokasinya. Contoh paling mudah nya yaitu masyarakat kota dan desa keduanya tentu memiliki kebiasaan yang berbeda.

 

Komentar

Postingan Populer