Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Strategi Marketing 4P

         Merupakan 4 komponen yang memiliki peran penting untuk membantu menyusun stategi dan memperkuat perusahaan dari persaingan yang ketat. Berikut isi dari strategi marketing 4P :

1. Product (Produk)

www.shopify.com

         Jika ingin menjadi pebisnis tentunya harus memiliki produk yang kualitas dan kuantitas nya baik, tanpa produk strategi marketing 4P tidak akan berjalan. Prroduk bukan hanya suatu hal yang bisa di rasa secara fisik tapi produk juga bisa berupa yang tidak berwujud juga seperti layanan, jasa dan lain lain.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam suatu produk, yaitu :

  • Rancangan
  • Nama merk
  • Fitur
  • Variasi produk
  • Kualitas produk
  • Garansi produk
  • Pengemasan dan pengembalian

        Ingat, sebelum meluncurkannya ke pasar lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. Kemudia jika sudah, lanjut dengan menentukan harga yang pas. Maka setelah itu baru lah bisa meluncurkan sebuah produk.


2. Price ( Harga )

www.dfma.com

        Harga merupakan aspek yang berpengaruh bagi marketing, harga ekonomi dari suatu barang/ jasa yang kita tetapkan bisa saja mebuat kita untung besar, balik modal atau pun kerugian. Maka supaya tidak terjadi kerugian perhatikan lah :

  • Metode penetapan harga
  • Benefit
  • Diskon
  • Periode Pembayaran
  • Kebijakan kredit

3. Place ( Tempat )

asset-a.grid.id

        Tempat juga memiliki peran penting bagi berjalan nya marketing, jika memiliki tempat strategis itu akan memudahkan para customer berkunjung bahkan sampai terjadinya transaksi dengan produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk pembauran tempat : 

  • Saluran tempat atau distribusi
  • Keputusan pergudangan
  • Penanganan produk
  • Kontrol inventaris
  • Logistik
  • Proses pemesanan
  • Cakupan
4. Promotion ( Promosi )

www.techfunnel.com

        Promosi merupakan peran penting juga dalam marketing karena promosi merupakan penenruan akan berkembang atau tidak nya sebuah produk. Ada beberapa hal utama tentang bauran promosi :

  • Iklan produk
  • Penjualan pribadi
  • Hubungan konsume
  • Pemasaran langsung
  • Publistas media sosial, cetak dan lainnya
  • Promsi penjualan

Komentar

Postingan Populer