Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Strategi STP

STP Adalah Mekanisme Strategi Bisnis Yang Cukup Efektif -
www.jojonomic.com

         Strategi STP merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengembangkan ide ide dan strategi pemasaran sesuai targeting audiens. STP akan berpengaruh besar terhadap citra, brand image, hingga pemasaran secara keseluruhan. Oke mari kita bahas Strategi yang ada di dalam STP.

1. Segmentation

 Everything You Need To Know About Market Segmentation

        Segmentasi merupakan pembagian pasar menurut sekelompok orang yang berbeda-beda, sehingga dapat membentuk sebuah pasar yang homogen untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan karakteristik pembeli.

Jenis Segmentasi Pasar

  • Segmentasi Prilaku
  • Segmentasi Demografis
  • Segmentasi Psikografis
  • Segmentasi Geografis

Tujuan Segmentasi Pasar

  • Menganali kompetitor bisnis
  • Meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik
  • Bahan evaluasi dan perencanaan bisnis
  • Meningkatkan efektifitas strategi pemasran

 

2. Targeting

Strategi Pemasaran: Targeting and Positioning | by Felisiahandayani | Medium
miro.medium.com
 

        Targeting metupakan  sebuah kegitan menilai dan meilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh perusahaan atau lebih singkat nya adalah menjadikan kelompok konsumen sasaran pendekatan suatu bisnis untuk membeli produk yang dijual.

Faktor penting  saat menentukan target pasar

  • Menentukan ukuran segmen
  • Pertumbuhan segmen
  • Analisis situasi
  • Pertimbangan sumber daya perusahaan
  • Perhatikan dana yang tersedia

Strategi untuk menentukan target pasar

  • Mass Marketing ( Pemasaran secara besar-besaran atau secara masal )
  • Differentiated Marketing ( Target pasar yang dibedakan  berdasarkan segmentasi cakupannya )
  • Niche Marketing ( Target pasar yang cukup spesifik dengan karakteristik konsumen khusus )
  • Micro Marketing ( sebuah target yang sangat spesifik )

 

3.  Positioning

Trik Membangun Brand Positioning, Penting Diketahui Pebisnis Online

Satu usaha perusahaan untuk meningkatkan citra atau image, persepsi, dan imajinasi yang terkait dengan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Untuk melakukan positioning, perusahaan harus membaginya ke dalam beberapa jenis positioning dan melakukan strategi marketing positioning yang tepat.

Manfaat Positioning

  • Membantu mengiklankan penyampain manfaat dan kelebihan produk.
  • Memudahkan konsumen mengenali dan meilih produk
  • Brand personality dan brand soul
  • Menciptakan citra dan presepsi

Komentar

Postingan Populer