Cari Blog Ini
Mencari ilmu marketing? Bisnis online? Analisis SWOT? Atau hal lain nya tentang perbisnisan? Mari berkumpul di blog ini untuk menimpa ilmu bersama sama❤
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Strategi STP
![]() |
www.jojonomic.com |
Strategi STP merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengembangkan ide ide dan strategi pemasaran sesuai targeting audiens. STP akan berpengaruh besar terhadap citra, brand image, hingga pemasaran secara keseluruhan. Oke mari kita bahas Strategi yang ada di dalam STP.
1. Segmentation
Segmentasi merupakan pembagian pasar menurut sekelompok orang yang berbeda-beda, sehingga dapat membentuk sebuah pasar yang homogen untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan karakteristik pembeli.
Jenis Segmentasi Pasar
- Segmentasi Prilaku
- Segmentasi Demografis
- Segmentasi Psikografis
- Segmentasi Geografis
Tujuan Segmentasi Pasar
- Menganali kompetitor bisnis
- Meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik
- Bahan evaluasi dan perencanaan bisnis
- Meningkatkan efektifitas strategi pemasran
2. Targeting
![]() |
miro.medium.com |
Targeting metupakan sebuah kegitan menilai dan meilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh perusahaan atau lebih singkat nya adalah menjadikan kelompok konsumen sasaran pendekatan suatu bisnis untuk membeli produk yang dijual.
Faktor penting saat menentukan target pasar
- Menentukan ukuran segmen
- Pertumbuhan segmen
- Analisis situasi
- Pertimbangan sumber daya perusahaan
- Perhatikan dana yang tersedia
Strategi untuk menentukan target pasar
- Mass Marketing ( Pemasaran secara besar-besaran atau secara masal )
- Differentiated Marketing ( Target pasar yang dibedakan berdasarkan segmentasi cakupannya )
- Niche Marketing ( Target pasar yang cukup spesifik dengan karakteristik konsumen khusus )
- Micro Marketing ( sebuah target yang sangat spesifik )
3. Positioning
Satu usaha perusahaan untuk meningkatkan citra atau image, persepsi, dan imajinasi yang terkait dengan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Untuk melakukan positioning, perusahaan harus membaginya ke dalam beberapa jenis positioning dan melakukan strategi marketing positioning yang tepat.
Manfaat Positioning
- Membantu mengiklankan penyampain manfaat dan kelebihan produk.
- Memudahkan konsumen mengenali dan meilih produk
- Brand personality dan brand soul
- Menciptakan citra dan presepsi
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar