Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.   ...

Tahap-tahap Marketing

        Setiap perusahaan wajib memiliki tahapan markerting karena dengan adanya tahapan marketing maka akan tercipta lah pengawasan untuk memastikan setiap layanan atau produk yang di jual. Berikut tahapan-tahapan marketing :

1. Ideation

amazonaws.com

        Saat kita akan membuka produk atau meluncurkan produk, kita perlu mengetahui apa yang akan kita jual, ada apa saja yang akan ada di sediakan dan tentu nya bagaimana cara penyajian atau kemasan yang akan kita gunakan kepada customer.
Di saat ini lah marketing akan mulai berjalan didampingi dengan ide ide yang di kembangkan.

2. Riset dan Pengujian
ftb.uajy.ac.id

        Riset dan pengujian harus di lakukan sebelum kita mempublikasikan produk, biasa nya departemen pemasaran akan menguji dan meneliti produk kita untuk mengukur minat konsumen  dan menentukan harga yang aka ditentukan.
Selain itu, meneliti pesaing juga dapat membantu mengoptimalkan dan memposisikan merk produk di pasar.

3. Periklanan
hot.liputan6.com

        Periklanan merupakan salah satu tahapan terpenting untuk menginformasikan, mendidik, atau membujuk audiens supaya mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan.
Periklana meliputi 3 media yaitu :
  • Media Fisik
www.bahyudinnor.com

        Media fisik merupakan aktivitas promosi secara langsung, promosi ini sangat bagus untuk membangun hubungan silaturahmi antara penjual dan pembeli tapi sayang nya promosi ini memiliki jangkauan yang sedikit.
  • Media Cetak
www.kompasiana.com

        Media cetak merupakan kegiatan promosi melalui barang barang cetakan seperti brosur, koran, majalah, bilboard dan lain nya. 
        Memang media ini jangkauan nya lebih besar dari pada media fisik, namun media ini akan memerlukan biaya yang cukup besar.
  • Media Sosial
tirto.id

        Media Sosial merupakan media yang sangat berguna di masa kini, media ini mempromosikan dengan skala besar besaran dan itupun tanpa mengeluarkan biaya,ada pun beberapa iklan di media sosial yang berbayar seperti FB Ads, Shopee Ads dan lain lain.
        Namun sayang nya di media ini, pesaing bisa saja masuk kedalam promosi kita dengan tujuan ingin menjatuhkan brand/merk/toko.


4. Menjual
palu.tribunnews.com

        Menjual merupakan tahapan terakhir dari marketing. Maka tentukanlah dimana akan menjualkan produk dan kepada siapa akan menawarkan atau menjualkan produk. Contoh nya ke grosir, pengecer, pasar industri, penjualan secara lokal, nasional maupun internasional.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer