Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Apa Itu Hard Selling dan Soft Selling?

 PENGERTIAN

  • Hard Selling => Merupakan sebuah strategi promosi secara langsung yang lebih menekankan kepada pengambilan keputusan di beli atau tidaknya dari suatu ajakan. Contohnya seperti diskon, bonus pembelian, label limited edition dll.

  • Soft Selling => Merupakan sebuah strategi promosi secara tidak langsung yang lebih mengutamakan kepada pikiran dan perasaan konsumen melalui penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan produk. Contohnya seperti pembelian sample produk, penguatan image brand, content marketing dll.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

>> Hard Selling

  • Kelebihan => Penjualannya langsung, bisa mendesak konsumen untuk segara melakukan pembelian, melibatkan daya tarik rasional.
  • Kekurangan => Memiliki penjualan jangka pendek, bisa menyebabkan ketidaknyamanan kepada pelanggan dan tidak menciptakan loyalitas pelanggan.

>> Soft Selling

  • Kelebihan => Bisa membuat konsumen penasaran dan mengeksplor produk, memiliki penjualan jangka panjang, membangun hubungan dengan konsumen dan melibatkan daya tari emosional.
  • Kekurangan => Lambatnya peningkatan produk, memiliki proses yang lama dan terkadang tidak mampu/berhasil meyakinkan konsumen.

Komentar

Postingan Populer