Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Pengertian, Jenis-jenis dan Tujuan Distribusi

PENGERTIAN

Distribusi merupakan 1 bagian penting dalam kegiatan ekonomi yang berartikan penyaluran kepada beberapa orang atau arti lainnya, adalah pembagian barang keperluan sehari-hari oleh pemetintah kepada pegawai negri, masyarakat dan lainnya. Orang yang melakukan distribusi disebut dengan sebutan Distributor.

JENIS-JENIS

1. Distribusi Secara Langsung

Kegiatan distribusi yang dimana distributor menyalurkan langsung kepada produsen tanpa perantara apapun. Contohnya seperti : nelayan, petani, peternak dll.

2. Distribusi Secara Tidak Langsung

Kegiatan distribusi yang dimana dimulai dari produsen ke konsumen melalui orang ketiga (perantara) seperti agen, grosir, makelar dll. Contohnya seperti PT. Pertamina yang menyalurkan gas LPG kepada konsumen melalui agen gas LPG.

3. Distribusi Secara Intensif

Kegiatan distribusi yang menempatkan atau menyalurkan produknya kepada retailer (seorang pebisnis ritel). Contohnya seperti sembako, sabun mandi, pasta gigi dll.

4. Distribusi Secara Eklusif

Kegiatan distrobusi yang memberikan hak distribusi suatu produk kepada 1/2 distributor/pengecer saja di suatu daerah. Contohnya seperti showroom mobil, factory outlet, restoran waralaba, supermarket dll.

5. Distribusi Secara Selektif

Kegiatan distribusi yang membatasi jumlah gerai di suatu area. Contohnya seperti produk elektronik, produk pakaian , produk kendaraan dll.


TUJUAN

  • Menyalurkan produk dan jasa kepada konsumen.
  • Memastikan keberlasungannya produksi.
  • Memastikan produk diterima dengan baik oleh konsumen.
  • Membantu meratakan persebaran dan jasa.
  • Membantu produsen menjual produk yang dihasilkan.

Komentar

Postingan Populer