Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Perencanaan Distribusi-matapelajaran PERENCANAAN BISNIS kelas XI

 PENGERTIAN DISTRIBUSI

        Distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan. 

Apa Itu Distribusi: Pengertian, Jenis, Tujuannya bagi Kegiatan Ekonomi  Halaman all - Kompas.com

SALURAN DISTRIBUSI

        Merupakan lembaga-lembaga yang memasarkan produk dari produsen ke konsume. Pentingnya saluran distribusi adalah lebih ditekankan pada kegiatan pemilihan dan penguasaan masing-masing lembaga penyaluran. Permasalahan yang utama adalah penyampaian, pemindahan produk dan hak milik atas penguasaan produk tersebut. Mulai dari perdagangan besar, perdagangan menengah, pengecer sampai akhirnya ke konsumen. Namun dapat juga perusahaan langsung melakukan kegiatan distribusi produknya kepada konsumen, saluran distribusi ini penting karena adanya perbedaan yang menimbulkan kesenjangan antara produsen dan komsumen. Ada 5 perbedaan penyabab kesenjangan yaitu :

  1. Perbedaan Jarak Geografis => Tempat pusat produksi dengan lokasi konsumen.
  2. Perbedaan Jarak dan Waktu 
  3. Perbedaan Dalam Jumlah => Produsen memproduksi jumlah besar, sedangkan konsumen dalam jumlah sedikit.
  4. Perbedaan Keanekaragaman => Produsen memproduksi secara khusus sedangkan konsumen memproduksi secara beranekaragam.
  5. Perbedaan Informasi dan Komunikasi => Konsumen tidak tahu sumber produk yang dibutuhkan dan produsen tidak tahu siapa dan dimana pembeli potensialnya.


FAKTOR SALURAN DISTRIBUSI (Pola pembelian konsumen)

  • Market Consideration, terdiri dari :
  1. Pasar industri
  2. Pembeli potensial
  3. Konsentrasi pasar secara geografis 
  4. Jumlah pesanan
  5. Kebiasaan pembeli
  • Product Consideration (Pertimbangan barang)
  1. Nilai unit
  2. Besar dan berat barang 
  3. Barang rawan rusak
  4. Sifat teknis
  5. Barang standar dan pemesanan 
  6. Luasnya produk line
  • Company Consideration (Pertimbangan perusahaan)
  1. Sumber pembelanjaan
  2. Kemampuan manajemen
  3. Pengawasan saluran
  4. Pelayanan yang diberikan oleh penjual
  • Middle Consideration (Pertimbangan perantara)
  1. Pelayanan perantara
  2. Kegunaan perantara
  3. Sikap perantara
  4. Volume penjual
  5. Ongkos


TUJUAN KERJA SAMA PRODUSEN DAN PERANTARA

  • Membangun loyalitas, penyalur, dengan rasa saling berkepentingan dalam menyukseskan pemasaran produk.
  • Memberikan insentif kepada penyalur untuk meningkatkan penjualan dan persediaannya.
  • Mengembangkan efisiensi pengelolaan usaha penyaluran dengan membentu mengelola tenaga penjualan dari penyalur.
  • Penyediaan produk untuk memudahkan konsumen dalam menemukannya dengan iklan, peragaan ataupun penempatan produk di tempat penyalur.



Dapatkan materi mata pelajaran PERENCANAAN BISNIS lainnya di :

Pengertian, lingkungan dan ruang lingkup bisnis


Komentar

Postingan Populer