Cari Blog Ini
Mencari ilmu marketing? Bisnis online? Analisis SWOT? Atau hal lain nya tentang perbisnisan? Mari berkumpul di blog ini untuk menimpa ilmu bersama sama❤
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Perencanaan Distribusi-matapelajaran PERENCANAAN BISNIS kelas XI
PENGERTIAN DISTRIBUSI
Distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan.
SALURAN DISTRIBUSI
Merupakan lembaga-lembaga yang memasarkan produk dari produsen ke konsume. Pentingnya saluran distribusi adalah lebih ditekankan pada kegiatan pemilihan dan penguasaan masing-masing lembaga penyaluran. Permasalahan yang utama adalah penyampaian, pemindahan produk dan hak milik atas penguasaan produk tersebut. Mulai dari perdagangan besar, perdagangan menengah, pengecer sampai akhirnya ke konsumen. Namun dapat juga perusahaan langsung melakukan kegiatan distribusi produknya kepada konsumen, saluran distribusi ini penting karena adanya perbedaan yang menimbulkan kesenjangan antara produsen dan komsumen. Ada 5 perbedaan penyabab kesenjangan yaitu :
- Perbedaan Jarak Geografis => Tempat pusat produksi dengan lokasi konsumen.
- Perbedaan Jarak dan Waktu
- Perbedaan Dalam Jumlah => Produsen memproduksi jumlah besar, sedangkan konsumen dalam jumlah sedikit.
- Perbedaan Keanekaragaman => Produsen memproduksi secara khusus sedangkan konsumen memproduksi secara beranekaragam.
- Perbedaan Informasi dan Komunikasi => Konsumen tidak tahu sumber produk yang dibutuhkan dan produsen tidak tahu siapa dan dimana pembeli potensialnya.
FAKTOR SALURAN DISTRIBUSI (Pola pembelian konsumen)
- Market Consideration, terdiri dari :
- Pasar industri
- Pembeli potensial
- Konsentrasi pasar secara geografis
- Jumlah pesanan
- Kebiasaan pembeli
- Product Consideration (Pertimbangan barang)
- Nilai unit
- Besar dan berat barang
- Barang rawan rusak
- Sifat teknis
- Barang standar dan pemesanan
- Luasnya produk line
- Company Consideration (Pertimbangan perusahaan)
- Sumber pembelanjaan
- Kemampuan manajemen
- Pengawasan saluran
- Pelayanan yang diberikan oleh penjual
- Middle Consideration (Pertimbangan perantara)
- Pelayanan perantara
- Kegunaan perantara
- Sikap perantara
- Volume penjual
- Ongkos
TUJUAN KERJA SAMA PRODUSEN DAN PERANTARA
- Membangun loyalitas, penyalur, dengan rasa saling berkepentingan dalam menyukseskan pemasaran produk.
- Memberikan insentif kepada penyalur untuk meningkatkan penjualan dan persediaannya.
- Mengembangkan efisiensi pengelolaan usaha penyaluran dengan membentu mengelola tenaga penjualan dari penyalur.
- Penyediaan produk untuk memudahkan konsumen dalam menemukannya dengan iklan, peragaan ataupun penempatan produk di tempat penyalur.
Dapatkan materi mata pelajaran PERENCANAAN BISNIS lainnya di :
Pengertian, lingkungan dan ruang lingkup bisnis
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar