Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Keahlian Dalam Komponen Bisnis

 Simak materi sebelumnya di apa-saja-komponen-bisnis-online

Keahlian yang ada dalam komponen bisnis yaitu :

  • Desain Website (website design)

        => Proses desain berfokus pada :

  1. Web page dibuat user friendly.
  2. Web mudah dibuka di semua perangkat internet (browser), fire fox, chrome, internet eksplor, opera dll.
  3. Menggunakan kata kunci (keyboard), keyboard akan sangat menentukan jumlah pengunjung yang akan melihat web. Tentunya keyboard yang dimaksud relevan dengan web.


  • Blog

        Blog dapat membuat perusahaan/pebisnis perorangan mendapat keuntungan yang diinginkan jika kita membuat blog, banyak sekali pilihan blog yang dapat dibuat seperti subdomain, wordpress, blogspot dll. Manfaat yang akan kita dapat yaitu mudah berlangganan melalui really simple cyndication (RSC) dan surel (email).


  • Optimasi Mesin Pencari (search engine optimization)

  1. Pastikan setiap halaman disukai mesin pencari (SEO friendly)
  2. Riset kata kunci atau (keywoard)
  3. Gunakan kata kunci di web dan diintegrasi melalui media sosial
  4. Sertakan kata kunci panjang (keyprase) khusus untuk pasar 


  • Pemasaaran Dengan Email (email marketing)

        Layanan iklan berbayar, seperti google edsense selalu memberikan model email jenis ini sebagai bentuk pelayanan kepada pengguna gmail dan telah terdaftar di layanan iklan berbayar edsense. cara kerja email marketing yaitu :

  1. Membuat desain yang menarik untuk tampilan email sehingga penerima email tertarik melihat isi email.
  2. Menyediakan informasi yang berkualitas/informasi yang relevan melalui email secara teratur untuk membantu anda mengonversi pelanggan potensial menjadi pelanggan yang nyata.


  • Jejaring Sosial (sosial media)

        Jejaring sosial seperti facebook, twiter, youtube dan lainnya dapat digunakan untuk keperluan pemasaran. Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jejaring sosial yaitu :

  1. Jejaring sosial dibuat untuk melakukannya aksi perusahaan dengan konsumen tanpa harus bertemu
  2. Jejaring sosial dibuat untuk membantu konsumen mengetahui perkembangan terkini
  3. Jejaring sosial dibuat untuk menjaga dan memelihara loyalitas pelanggan


  • Analisis (analityc)

        Beberapa metode penggunaan web (web matric) dapat dilakukan perusahaan pembisnis perorangan untuk mengetahui posisi web di dunia daring :

1. Website

Hal yang dapat dijadikan tolak ukur untuk menganalisis web :

  • Data pengunjung web/jumlah pengunjung (web visitor)
  • Jumlah halaman yang dilihat pengunjung (page views)
  • Jumlah halaman yang dilihat pengunjung sekali datang (page pervisit)
  • Rata-rata waktu pengunjung di web (average time on the site)
  • Presentasi pengunjung yang meninggalkan web/blog setelah hanya membuka 1 halaman saja dan tidak membuka halaman lainnya (brunch rate)
  • Wilayah/negara mana saja yang mengakses website perusahaan

2. Blog

Beberapa layanan yang dapat dilakukan oleh pemilik untuk menganalisis blog :

  • Layana (member), berita blog (suscribers)
  • Jumlah pengunjung perhari, perminggu dan perbulan (visitors)
  • Komentar oleh pengunjung di blog (coments)
  • Jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung (cliks)
  • Rangking blog anda di dunia daring (web rank)
  • Link/hyperlink yang masuk ke halaman web (inbound links)

3. SEO

        Mesin pencari dapat digunakan sebagai alat analisis dengan memeriksa posisi web. Caranya yaitu dengan menulis kata kunci web di mesin pencari dan melihat hasilnya.

4. Email marketing

        Dianalisis dengan cara melihat jumlah email yang dikirim ke pelanggan (sent email) serta melihat jumlah pelanggan yang merespon email dengan melihat data pengunjung website atau email balasan

5. Sosial media

        Penggunaan seperti facebook dan twitter yang dapat dianalisis dan hasilnya menjadi bahan evalusai bagi perusahaan. Pada media sosial facebook jumlah pengunjung yang menyukai (likes) dapat dijadikan masukan bagi para perusahaan. Pada mesia sosial twitter jumlah pengikut (followers) dan kicauan pengikut dapat menjadi dasar analisis terhadap produk yang di komentari.




Komentar

Postingan Populer