Cari Blog Ini
Mencari ilmu marketing? Bisnis online? Analisis SWOT? Atau hal lain nya tentang perbisnisan? Mari berkumpul di blog ini untuk menimpa ilmu bersama sama❤
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Administrasi Umum
PENGERTIAN
Administrasi merupakan suatu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target atau tujuan organisasi. Administrasi secara sempit di artikan bentuk aktivitas yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Sedangkan secara luasnya administrasi merupakan semua proses kerja sama antara 2 orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan sarana dan berhasil guna.
Administrasi berasal dari bahasa latin yaitu "Ad" yang berarti intensif dan "Minitrate" yang berarti melayani, membantu atau memenuhi. Dalam bahasa Inggris dikenal dalam "Administration" yang artinya "Administrasi". KBBI mendefinisikan administrasi yaitu usaha atau kegiatan yang meliputi penerapan tujuan serta penepatan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi, usaha dan kegiatan yang berkaitan dalam penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan, kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah kegiatan kantor dan tata usaha.
UNSUR UNSUR ADMINISTRASI
- Sekelompok orang
- Kerja sama
- Pembagian tugas secara terstruktur
- Kegiatan yang runtut dalam proses
- Tujuan yang akan di capai
- Memanfaatkan berbagai sumber
UNSUR UNSUR ADMINISTRASI MENURUT GIE (2000) :
- Pengorganisasian, rangkaian perbuatan dalam menyusun suatu organisasi yang menjadi wadah atau tempat bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.
- Manajemen, rangkaian perbuatan dalam menggerakan karyawan-karyawan dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerja sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai.
- Tata hubungan, rangkaian perbuatan dalam penyampaina berita atau warta dari satu pihak ke pihak yang lain dalam usaha kerja sama.
- Kepegawaian, rangkaian perbuatan dalam mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
- Keuangan, rangkaian perbuatan dalam mengelola segi-segi pembelajaran dalam usaha kerja sama.
- Perbekalan, perbuatan dalam mengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, sampai menyingkirkan segenap perlengkapan.
- Tata usaha, rangkaian perbuatan dalam menghimpun, mencatat, mengolah, mengadakan dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
- Perwakilan, rangkaian perbuatan dalam menciptakan hubungan baik dan berusaha memperoleh dukungan dari masyarakat terhadap hubungan kerja sama yang dilakukan.
Dapatkan materi mapel ADMINSTRASI UMUM lainnya di
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar