Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Konsep Administrasi-mapel ADMINISTRASI UMUM kelas XI

 KARAKTERISTIK ADMINISTRASI

  • Adanya sekelompok orang, kita memerlukan peran pihak/orang lain untuk menjalankan adminitrasi.
  • Adanya kerja sama, rangkaian perbuatan yang dilakukan bersama-sama secara teratur lebih dari 1 orang akan menimbulkan akibat yang tidak akan terjadi jika dilakukan sendiri.
  • Adanya proses/usaha yang berkeseimbangan.
  • Adanya pembagian tugas.
  • Adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan.
  • Adanya tujuan.


JENIS-JENIS ADMINISTRASI

  1. Administrasi Publik, merupakan penerapan hukum yang terperinci dan sistematis. Contohnya pengadaan layaran pembuatan kartu tanda penduduk bagi masyarakat (KTP).
  2. Administrasi Pembangunan, merupakan proses pengendalian usaha oleh negara/pemerintah untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.
  3. Administrasi Lingkungan, proses kegiatan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan tujuan berwawasan lingkungan dan tidak mengesampingkan kualitas manusia serta kualitas lingkungan.


JENIS ADMINISTRASI MENURUT DRS.SOEKARNO

1. Administrasi Negara (Public Administration)

  •  Administrasi Negara => Berpedoman pada kebijakan dan peraturan pemerintah serta undang-undang.
  • Administrasi Pemerintah Negara => Melayani kepentingan umum, masyarakat dan militer.
  • Administrasi Perusahaan Negara => Administrasi yang diselenggarakan dalam organisasi perusahaan milik negara seperti BUMN.

 2. Administrasi Swasta (Private Administration)

  • Administrasi Niaga => Bagian dari ilmu-ilmu sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai suatu tujuan yang merupakan ilmu yang berfokus pada prilaku manusia. Contohnya administrasi periklanan, penjualan, perbankan dll.
  • Admintrasi Non niaga => Seluruh kegaiatan yang dilakukan pihak swasta dalam bidang sosial, budaya, kesejahteraan lingkungan.Contohnya seperti sekolah, rumah sakit dll.

 3. Administrasi Internasional (International Administration)

  • Administrasi Niaga Internasional => Seluruh kegiatan yang dilakukan organisasi internasional yang bergerak dalam bidang perekonomian dan perdagangan.
  • Administrasi Non niaga => Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh berbagai organisasi yang bergerak dibidang sosial, budaya, dan kesejahteraan masyarakat internasional. 

 

FUNGSI ADMINISTRASI MENURUT QUIBLE

  1. Rutin => Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan yang memadai.
  2. Teknis => Fungsi adminstrasi membutuhkan pendapat, keputusan dan keterampilan perkantoran yang memadai.
  3. Analisis => Fungsi admin yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil keputusan seperti membuat keputusan pembelian.
  4. Interpersonal => Fungsi admin yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta keterampilan yang berhubungan dengan orang lain seperti mengoordinasikan tim.
  5. Manajeral => Fungsi admin yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian.

 

 

 Dapatkan materi mapel ADMINISTRASI UMUM lainnya di :

Pengertian dan Unsur-unsur Administrasi Umum

Pengertian, Jenis-jenis dan Analisis Jabatan Administrasi



Komentar

Postingan Populer