KARAKTERISTIK ADMINISTRASI
- Adanya sekelompok orang, kita memerlukan peran pihak/orang lain untuk menjalankan adminitrasi.
- Adanya kerja sama, rangkaian perbuatan yang dilakukan bersama-sama secara teratur lebih dari 1 orang akan menimbulkan akibat yang tidak akan terjadi jika dilakukan sendiri.
- Adanya proses/usaha yang berkeseimbangan.
- Adanya pembagian tugas.
- Adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan.
- Adanya tujuan.
JENIS-JENIS ADMINISTRASI
- Administrasi Publik, merupakan penerapan hukum yang terperinci dan sistematis. Contohnya pengadaan layaran pembuatan kartu tanda penduduk bagi masyarakat (KTP).
- Administrasi Pembangunan, merupakan proses pengendalian usaha oleh negara/pemerintah untuk
merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang
dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan
bangsa.
- Administrasi Lingkungan, proses kegiatan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan
tujuan berwawasan lingkungan dan tidak mengesampingkan kualitas manusia
serta kualitas lingkungan.
JENIS ADMINISTRASI MENURUT DRS.SOEKARNO
1. Administrasi Negara (Public Administration)
- Administrasi Negara => Berpedoman pada kebijakan dan peraturan pemerintah serta undang-undang.
- Administrasi Pemerintah Negara => Melayani kepentingan umum, masyarakat dan militer.
- Administrasi Perusahaan Negara => Administrasi yang diselenggarakan dalam organisasi perusahaan milik negara seperti BUMN.
2. Administrasi Swasta (Private Administration)
- Administrasi Niaga => Bagian dari
ilmu-ilmu sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang
atau lebih dalam upaya mencapai suatu tujuan yang merupakan ilmu yang
berfokus pada prilaku manusia. Contohnya administrasi periklanan, penjualan, perbankan dll.
- Admintrasi Non niaga => Seluruh kegaiatan yang dilakukan pihak swasta dalam bidang sosial, budaya, kesejahteraan lingkungan.Contohnya seperti sekolah, rumah sakit dll.
3. Administrasi Internasional (International Administration)
- Administrasi Niaga Internasional => Seluruh kegiatan yang dilakukan organisasi internasional yang bergerak dalam bidang perekonomian dan perdagangan.
- Administrasi Non niaga => Seluruh kegiatan
yang dilakukan oleh berbagai organisasi yang bergerak dibidang sosial,
budaya, dan kesejahteraan masyarakat internasional.
FUNGSI ADMINISTRASI MENURUT QUIBLE
- Rutin => Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan yang memadai.
- Teknis => Fungsi adminstrasi membutuhkan pendapat, keputusan dan keterampilan perkantoran yang memadai.
- Analisis => Fungsi admin yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil keputusan seperti membuat keputusan pembelian.
- Interpersonal => Fungsi admin yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta keterampilan yang berhubungan dengan orang lain seperti mengoordinasikan tim.
- Manajeral => Fungsi admin yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian.
Dapatkan materi mapel ADMINISTRASI UMUM lainnya di :
Pengertian dan Unsur-unsur Administrasi Umum
Pengertian, Jenis-jenis dan Analisis Jabatan Administrasi
Komentar
Posting Komentar