Cari Blog Ini
Mencari ilmu marketing? Bisnis online? Analisis SWOT? Atau hal lain nya tentang perbisnisan? Mari berkumpul di blog ini untuk menimpa ilmu bersama sama❤
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Store Atmosphere
Store atmosphere merupakan kombinasi karakteristik fisik toko seperti arsitektur, tata letak, pencahayaan, pemajangan produk, warna, temperatur dan aroma yang secara menyeluruh agar menciptakan citra dalam benak konsumen.
sites.google.com |
# Faktor yang mempengaruhi suasana toko menurut Lamb Hair & MC Daniel (2001) adalah sebagai berikut :
- Jenis karyawan
- Jenis barang dagang
- Bunyi suara
- Aroma wangi
- Variasi warna
- Jenis perlengkapan tetap
# Suasana ( Ambience )
Merupakan suasana dalam super market yang sedemikian rupa sehingga memicu perasaan tertentu dalam diri pelanggan karena penggunaan unsur interior, pengaturan cahaya, tata suara, sistem pengaturan udara dan pelayanan.
A. ASPEK AMBIENCE
a) Aspek Visual
- Slimplicity ( Desain visual yang menekankan kesederhanaan ).
- Proximity ( Desain visual kedekatan elemen ).
- Similarity ( Desain visual berdasarkan kesamaan konsumen ).
- Symmetry, prinsip ini menegaskan bahwa setiap elemen harus seimbang satu dengan yang lain dalam kelompok yang sama.
- Continuity ( Berdasarkan kesinambungan pola ).
b) Aspek Tactile
Aspek ini berkaitan dengan sentuhan tangan/kaki dengan mata yang membuat pelanggan ingin merasakannya.
c) Aspek Olfactory
Aspek ini terkait dengan penggunaan aroma untuk menciptakan kesan rasa tertentu, juga digunakan untuk menstimulasi suasana.
B. TEMA VISUAL DISPLAY
a) Tema puasa idul fitri
b) Tema natal dan tahun baru
c) Tema imlek
Dapatkan materi PENATAAN PRODUK lainnya di :
Pengertian, tujuan dan syarat penataan produk
Klasifikasi dan spesifikasi produk
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar