Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Store Atmosphere

 Store atmosphere merupakan kombinasi karakteristik fisik toko seperti arsitektur, tata letak, pencahayaan, pemajangan produk, warna, temperatur dan aroma yang secara menyeluruh agar menciptakan citra dalam benak konsumen.

Examples of Store Atmosphere - Retail Store Atmosphere
sites.google.com


# Faktor yang mempengaruhi suasana toko menurut Lamb Hair & MC Daniel (2001) adalah sebagai berikut :

  • Jenis karyawan
  • Jenis barang dagang
  • Bunyi suara
  • Aroma wangi
  • Variasi warna
  • Jenis perlengkapan tetap


# Suasana ( Ambience )

BBM Naik, Harga Keramik Naik 2% Mulai Bulan Depan

Merupakan suasana dalam super market yang sedemikian rupa sehingga memicu perasaan tertentu dalam diri pelanggan karena penggunaan unsur interior, pengaturan cahaya, tata suara, sistem pengaturan udara dan pelayanan.

A. ASPEK AMBIENCE

a) Aspek Visual

  • Slimplicity ( Desain visual yang menekankan kesederhanaan ).
  • Proximity ( Desain visual kedekatan elemen ).
  • Similarity ( Desain visual berdasarkan kesamaan konsumen ).
  • Symmetry, prinsip ini menegaskan bahwa setiap elemen harus seimbang satu dengan yang lain dalam kelompok yang sama.
  • Continuity ( Berdasarkan kesinambungan pola ).

b) Aspek Tactile

Aspek ini berkaitan dengan sentuhan tangan/kaki dengan mata yang membuat pelanggan ingin merasakannya.

c) Aspek Olfactory

Aspek ini terkait dengan penggunaan aroma untuk menciptakan kesan rasa tertentu, juga digunakan untuk menstimulasi suasana.

B. TEMA VISUAL DISPLAY

a) Tema puasa idul fitri

Idul Fitri Dekorasi Ramadhan - idul fitri 

 

b) Tema natal dan tahun baru

6 Rekomendasi Berbelanja Aksesoris Natal | Popmama.com 

 

c) Tema imlek

Jasa Dekorasi Imlek Di Mall, Hotel, Cafe Murah



Dapatkan materi PENATAAN PRODUK lainnya di :

Pengertian, tujuan dan syarat penataan produk

Pelabelan produk 

Klasifikasi dan spesifikasi produk

Atribut produk


Komentar

Postingan Populer