Langsung ke konten utama

Unggulan

Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel

A. Perlaku Konsumen 1. Pengertian           Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga atau pihak lain dengan maksud tidak diperdgangkan. 2. Manfaat mempelajari perilaku konsumen Bagi Manager           Manajer adalah orang yang memimpin ruam perusahaan pada dasarnya, tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengevaluasi perusahaan agar dapat mencapai liquan yang diinginkan serta menyebarkan informasi. dan mongoordinankan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.           Contohnya dengan mempelajari perilaku konsumen, Seorang manager dapat menentukan produk apa yang menjadi unggulan dan harus diproduksi dalam jumlah banyak. Bagi Produsen           Produsen adalah pihak memiliki kapasitas untuk menghasilkan barang atau produk yang akan dijual kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dengan mempelajari perilaku konsumen.           Seorang produsen dapat mengetahui, mempelajari dan mongambil strategi atau keputusan yang tepat

Atribut Produk-mata pelajaran PENATAAN PRODUK kelas XI

       Philip Kotler Pembicara Seminar Going World Class. - Tribunnews.com Mobile

        Menurut Philip Kotler, produk merupakan dapat berupa barang maupun jasa yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk memiliki tingkatan di antaranya yaitu :

  • Manfaat utama/inti
  • Produk Generik
  • Produk harapan
  • Produk pelengkap
  • Produk potensial


        Menurut Tjipto atribut produk merupakan unsur-unsur produk yang di anggap penting oleh konsumen dan di jadikan dasar pengambilan keputusan pembelian.

 

KOMPONEN DESAIN

  • Faktor keamanan
  • Faktor ekonomi
  • Faktor perdistribusian
  • Faktor komunikasi
  • Faktor ergonomi
  • Faktor estetika
  • Faktor promosi
  • Faktor identitas
  • Faktor lingkungan


DESAIN KEMASAN

  • Pelindung isi
  • Memberi kemudahan penggunaan
  • Memberi daya tarik (Promotion)
  • Informasi terkait isi, pemakaian dan mutu


PELABELAN

  • Brand label (Label merk)
  • Grade label (Label tingkatan mutu)
  • Descriptive label (Label deskripsi)


UNSUR ATRIBUT PRODUK

  • Mata Produk => Menurut suyanto mata produk adalah seberapa baik penyesuaian sebuah produk dengan spesifikasi dengan kebutuhan konsumen.
  • Fitur Produk => Merupakan sarana kompetetif untuk mendeferensiasikan produk perusahaan dari produk pesaing.

Berikut unsur atribut produk yaitu :

  • Merk dagang
  • Karakteristik Merk
  1.  Mudah di eja dan di ingat.
  2. Bisa di adaptasi oleh produk-produk baru yang mungkin di tambahkan di produk.
  • Manfaat Pencantuman Merk
  1. Memudahkan penjual untuk memproses pesanan, menelusuri dan menemukan masalah.
  2. Merk yang kuat membantu membangun citra perusahaan.
  • Syarat Nama Merk yang Baik
  1. Menunjukan manfaat dan mutu produk.
  2. Mudah di ucapkan, di kenal dan di ingat.
  3. Mudah dibedakan (Khas).


Dapatkan materi mata pelajaran PENATAAN PRODUK lainnya di :

Pengertian,tujuan dan syarat penataan produk

Pelabelan produk 

Klasifikasi dan spesifikasi produk

Store atmosphere 


Komentar

Postingan Populer